Salju di Freiberg akhiri perjalanan

Friday, January 9, 2009

Salju FreibergKecil namun Indah! Yah itulah tujuan terakhir dari perjalanan tutup-buka tahun adalah Freiberg, yang merupakan salah satu kota di negara bagian Sachsen di Jerman. Setelah merayakan tahun baru di Prague, kini saatnya menjelajahi kota ini. Yang sebenarnya baru saya tahu, setelah sampai di sini. Ternyata ada kota ini...Benar! saya nggak bohong. Kota ini berjarak 30 menitan dari Kota Dresden.
Freiberg diartikan ‘free mountain’ atau gunung bebas. Kota ini berdiri sejak 1186. Kota ini merupakan pusat industri pertambangan pada jamannya. Nah makanya berdiri perguruan tinggi bernama Technische Universität Bergakademie Freiberg, yang tentunya sekarang sudah sangat bagus dan lengkap. Sebagai simbol, di depan universitas ada gerbong yang mengangkut batuan. Dan universitas ini termasuk tertua di dunia dalam bidang pertambangan dan metalurgi, bayangin aja sudah berdiri sejak 1765. 
Setelah melintasi TU Freiberg, kita menuju Kastil Freudenstein, dan disini banyak menyimpan berbagai macam jenis batuan. Tapi sayangnya, karena harus bayar masuknya, jadinya kita urung untuk menjelajahinya. Hehehehe...

Perutpun semakin membahana, artinya kita harus mengisi kampung tengah. Yup betul, kita memilih makan kebab di kedai turki. Banyak koq yang jualan disini. Sebelumnya sempat khawatir, karena menurut teman, sangat susah untuk da
Publish Post
pat kebab di Freiberg. Salah besar, hampir di tiap blok di dalam kota berdiri kedai turki. Ini memang membuktikan kalau penduduk Turki di jerman sebanyak 3%.

Akhirnya kita menuju Freiberg Obermarkt Rathaus. Ini adalah gedung balaikota Freiberg. Urusan administrasi, seperti halnya mahasiswa untuk visa studi, disini ngurusnya. Nah pas sampai di lokasi ini salju semakin deras turunnya. Alhamdulilah.. seneng banget, soalnya ini salju pertamaku di Jerman.

Ternyata Freiberg juga memberikan pengalaman tersendiri bagi saya. Kota yang kecil, hanya berpenduduk sekitar 40 ribuan. Namun, menyimpan berbagai keunikan dan keindahan...

Seluruh kisah perjalanan memberikan tenaga baru untuk menghadapi tahun yang baru. Bertambah teman kerabat dan tentunya bertambah pula daftar kota yang sudah saya kunjungi. Mudah2an perjalanan selanjutnya juga menyenangkan... (tamat).

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
 
 
 




About me

My Photo
Traveling-freak
Bremen, Germany
It's me Hawis. I am Indonesian. Traveling is one of my hobby that always makes me addicted. Explore new area and traditions, culinary, architectures, whether done personally alias from own pocket or the demands of work, always a thing that I grateful. I am so happy because my wife also has the same passion. Through this blog, I will share my travel notes, events, tips and tricks and fun stories in it. Some previous stories still in Bahasa Indonesia, but you can translate it into your language. Well, as an amateur photographer, I am so excited to freeze every moment. Then, my notes and photos can speak up to you. Just enjoy! BLOG TIL YOU DROP..
View my complete profile
All material on "traveling is my middle name" is copyright © 2006-2010 Hawis Madduppa - All rights reserved, except where stated.